Sabtu, Februari 16, 2008

Meninabobokkan Bayi

Posted by LoveLy KhaLisa at 04.39

Salah satu yang terberat bagi orangtua dengan anak pertama adalah mendengar tangis bayi yang tidak mau tidur, terutama pada pukul 3 pagi dan Anda sendiri pun kurang tidur. Ada banyak alasan kenapa bayi tidak mau tidur dan terserah kepada orangtua untuk menduganya. Berikut ini beberapa nasihat Tresillian Family Care Centre. Badan ini memberi penyuluhan bagi orangtua, termasuk kursus kelompok yang mengajar orangtua dan kakek nenek untuk meninabobokkan bayi.

Kalau bayi tetap menangis sesudah dibaringkan agar tidur bagaimana?
Ingatlah, bayi takkan menutup mata dengan sendirinya dan terlena tidur setelah ditaruh di dalam palungannya, ada yang sampai 30 menit baru tidur. Sebaiknya ditaruh ke ranjangnya waktu masih terjaga - bayi yang tertidur dalam dekapan orangtuanya selama disusui lalu terbangun dalam palungan bingung dia berada dimana dan tidak bisa kembali tidur. Alasan jelas kenapa bayi rewel diantaranya adalah popok basah, lapar atau mengandung angin. Kemungkinan lain mencakup kehausan - cuaca panas, pakaian tebal atau bahkan menangis pun menjadikan bayi haus, jadi sedikit air didih yang telah mendingin bisa membantu. Banyak bayi tidur enak jika dibedung - yang menjadikannya merasa aman. Bedunglah dengan kain katun tipis ketimbang selendang berbulu bila hawanya panas. Guna mengurangi bahaya Kematian Bayi Mendadak, senantiasa tidurkanlah telentang dan jangan sampai kepalanya tertutup selimut atau seprei.

Membantu bayi terlena tidur.
Coba digoyang-goyang, dimainkan musik lembut, atau diberi pijatan atau mandi santai. memijat dapat dilakukan di dalam kamar tenang hangat dengan minyak hangat. Minyak zaitun, kenari atau aprikot lebih baik daripada minyak bayi. Mandi santai termasuk menelungkupkan di air hangat yang suhunya dicoba dulu, berhati-hati menopang kepalanya dengan tangan agar ada di luar air beberapa menit dan diajak berbicara pelan. Jangan ditinggalkan sendiri di dalam air. Bisa juga diajak berjalan-jalan naik kereta atau mobil jika Anda tidak terlalu capai.

Kalau tiada suatu pun yang bisa membantu?
Tangis bayi adalah satu-satunya cara bertukar, jika kewalahan dan marah, hindarilah kebisingan dan Taruhlah bayinya di tempat aman. Hal terakhir adalah minta bantuan orang terdekat yang terpercaya di sekitar Anda untuk membantu menidurkan bayi Anda.


Dikutip dari: www.health.nsw.gov.au

0 comments:

 

LoveLy KhaLisa Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez