Senin, Februari 18, 2008

Ekspresi Pertamaku

Posted by LoveLy KhaLisa at 04.24
Manusia makhluk sosial. Pada bayi, hal ini terlihat jelas lewat ekspresinya.

Bayi mengenal lingkungan lewat kepekaan indra. Penelitian membuktikan, bayi lebih suka mendengar suara manusia, terutama suara ibunya yang sudah dikenal sejak dalam kandungan, dibanding suara-suara lain. Karenanya, orangtua amat dianjurkan untuk sering berbicara kepada bayi. Salah satunya agar kemampuan bersosialisasinya berkembang optimal.

Berikut tahapan kemampuan sosial bayi dari bulan ke bulan dan bagaimana cara menstimulasinya.

* Terkejut dan Menangis
Terkejut dan menangis sebagai reaksi terhadap bunyi keras dan sinar terang dapat ditunjukkan oleh bayi sejak baru lahir. Di usia 1 bulan, ia mulai dapat mengarahkan pandangan pada sumber bunyi dan bahkan mulai menatapnya. Namun, pertama kali mungkin bayi hanya terdiam. Selanjutnya di usia 2 bulan, jika ada bunyi lonceng di dekatnya, ia tidak lagi menunjukkan reaksi mengejapkan mata atau gerakan kaget tetapi menunjukkan sikap mendengarkan.

* Tersenyum
Bayi biasanya mulai tersenyum di usia 2 bulan sebagai jawaban atas kasih sayang terhadapnya. Namun senyum sosial yang merupakan interaksinya dengan manusia lain biasanya baru muncul di usia 3 bulan. Orang lain yang masih asing pun akan diajaknya tersenyum di usia ini. Uniknya, ia tidak mengajak tersenyum benda mati atau sosok yang tidak menyerupai manusia. Menstimulasinya bisa dilakukan dengan sering-sering mengajaknya bicara dan tersenyum.

* Tertawa
Di usia 4 bulan, kemampuan tertawanya muncul. Biasanya kemampuan ini diiringi dengan pekikan untuk menunjukkan kesenangan yang luar biasa saat diajak bermain. Stimulasi yang bisa kita berikan, tertawalah dengan ringan, halus, dan tulus yang dapat membuat bayi gembira sehingga dia akan ikut tertawa.

* Senang bersama
Coba sesekali amati, tak jarang si kecil menangis saat ditinggal sendirian bukan? Ini pertanda bahwa bayi pun sebetulnya lebih senang bersama orang lain. Reaksi sosial ini umumnya akan muncul di usia 3 bulanan. Jadi, amat dianjurkan untuk sering-sering mengajak bayi berkomunikasi dan bermain. Interaksi semacam ini akan sangat membantu mengasah kemampuan sosialnya dalam bentuk ekspresi senyum, tendangan/jejakan kaki, lambaian tangan, dan lainnya. Stimulasi yang dapat diberikan di antaranya memberi perhatian lewat belaian, dekapan, dan tatapan mata penuh kasih sayang yang bisa dilakukan saat memberi ASI, memandikan, dan bermain bersama.

* Berteman
Meski menolak orang asing, bayi bisa-bisanya mulai mengagumi bayi lain dan akan mencoba untuk menyentuhnya. Permainan bersama akan sangat menyenangkannya. Responsnya bisa bermacam-macam, seperti saling menatap, "bercakap-cakap" melambaikan tangan, bertepuk tangan, maupun memberi perintah dengan menunjuk sesuatu. Selain itu, bayi usia 6-7 bulan pun biasanya juga mulai mencoba meremas pakaian dan rambut anak lain, atau bahkan mungkin menjambaknya. Boleh jadi tindakan ini dilakukannya untuk mengungkapkan kegemasannya. Ia juga mencoba meniru kata-kata, isyarat, dan gerakan-gerakan sederhana yang dilakukan orang lain. Stimulasilah si kecil dengan melibatkannya dalam lingkungan yang lebih luas. Misalnya, berkunjung ke tetangga sebelah yang punya bayi seusianya. Latihan semacam ini akan mengasah kemampuannya bersosialisasi.

* Menarik perhatian

Bayi usia 4-5 bulan sudah sering mencoba menarik perhatian, terutama terhadap sesama bayi atau anak lain. Biasanya dia akan melambungkan badan ke atas atau ke bawah, menendang, tertawa, atau memainkan lidah dan ludahnya. Kita bisa menstimulasinya dengan sering mengajaknya bermain bersama-sama anak lainnnya.

- Minta digendong
Di usia 4-5 bulan kemampuan sosialnya semakin meningkat dengan munculnya aneka bentuk interaksi yang lebih luas. Contohnya, bayi akan minta digendong. Bukan hanya pada orangtua atau orang-orang terdekatnya, tapi juga orang-orang yang mencoba mendekatinya. Jangan ditolak, sebab bayi sedang mengembangkan rasa percayanya terhadap lingkungan. Dengan begitu ia tahu kita selalu berusaha memenuhi kebutuhannya sekaligus siap memberinya kenyamanan. Ini amat baik untuk kestabilan emosinya. Yang pasti, lakukan dengan tulus karena bayi bisa menangkap ketulusan hati kita.

* Mengenali suara orang terdekat
Masih di usia 4-5 bulan, bayi sudah dapat mengenali suara orang terdekatnya seperti ibu, ayah, maupun pengasuhnya. Semakin banyak respons yang diberikan berarti semakin giat otaknya bekerja. Ketika dia sudah mengenali suara-suara orang terdekat, cobalah untuk sering menyapanya dengan kalimat-kalimat sederhana. Contohnya, "Halo Sayang, sudah bangun ya?"

* Menunjukkan reaksi berbeda
Cobalah pura-pura marah di depan bayi usia 4-5 bulan. Dia akan menunjukkan reaksi yang berbeda dengan saat kita tersenyum atau berkata riang kepadanya. Ini bisa terjadi karena bayi usia 4-5 bulan mulai mampu "membaca" apakah kita sedang senang, kesal, atau marah. Berbagai intonasi yang menunjukkan kita suka atau tidak suka pada suatu perilaku ada baiknya dikenalkan agar bayi mengenal macam-macam emosi. Tentu saja bukan berarti Anda bebas melampiaskan kekesalan di hadapan si kecil, karena itu akan membuatnya merasa tidak nyaman.

* Malu atau takut pada orang asing
Bayi usia 6-7 bulan sudah bisa menunjukkan rasa malu. Misal, ketika orang yang dianggapnya asing ingin menggendongnya, bayi umumnya akan "mengerut" lantaran malu. Sikap ini sangat wajar, tetapi orangtua perlu memberi penjelasan bahwa si orang asing ingin berkenalan dengannya dan ia tak perlu bersikap malu. Memang, bayi tidak akan langsung mengubah sikapnya, tapi setidaknya orangtua sudah menjelaskan apa yang perlu dia lakukan.

* Meniru perilaku bayi lain

Meniru perilaku bayi lain umumnya dilakukan bayi usia 9-13 bulan. Contohnya, ketika ada bayi lain menangis, si kecil akan ikut-ikutan menangis meski tak ada alasan/penyebabnya. Begitu juga bila bayi lain menjerit, si kecil akan ikut menjerit tak kalah nyaring. Stimulasi yang dapat diberikan, cobalah sering-sering mengajak bayi bermain dengan teman sebayanya. Lewat bermain bersama dia akan belajar bersosialisasi yang amat penting bagi pertumbuhan emosinya.

* Ekspresikan perasaan
Jangan salah, bayi ternyata sudah dapat mengungkapkan perasaannya di usia 12 bulan. Tak heran bila dia akan spontan melambaikan tangan dan mengucapkan "da-da" ketika kita pergi. Bayi juga bisa teriak gembira/menjerit kegirangan saat kita mencium atau memeluknya. Sebaliknya, ia juga dapat mengekspresikan kemarahannya dengan melempar benda yang ada di tangannya saat kita melarang.

Melatihnya, stimulasilah dia dengan memanfaatkan berbagai situasi dan kondisi guna memancingnya agar bisa mengekspresikan gejolak emosinya. Misalnya, lambaikan tangan saat akan berangkat kerja, pekikkan kata "hore" kala kita sedemikian gembira, atau tunjukkan kekesalan yang wajar begitu kita melihatnya menyentuh benda-benda berbahaya.

Dikutip dari: www.tabloid-nakita.com

0 comments:

 

LoveLy KhaLisa Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez