Selasa, Agustus 25, 2009

Menyapih ohh Menyapihh...part - I

Posted by LoveLy KhaLisa at 02.23
Ini mungkn pengalaman paling dramatisir antara aku dan bayiku,my sweety Toddler Khalisa Rahni Wulandari..tentunya setelah pengalaman melahirkan dengan Normal..
Sebelumnya aku sudah mencari informasi dari pengalaman ibu-ibu lain dalam menyapih bayi, pengalaman langsung teman sampai diskusi sama mbah Google.
Makin usianya mendekati 19 bulan,aku makin panik,,wahhh ko nenen nya makin kuat, attachment dengan aku nya juga lebih eratt...ada perasaan pesimis yang terbesit dihatiku “walahhh bisa gakk yahh anak ini di Sapih dengan dengan damai” terlebih pengalaman ayah nya yang meyusu samapi usia balita...(lho..memang ada hubungannya kah?)
Menurut teman ada masukan bagus yakni dengan metode slow weanning, pemberian ASI perlahan di kurangi, hal tersebut sudah aku lakukan yaitu mengurangi frekuensi nenen di pagi hari sampai siang hari,,yang tadinya tidak ada batasan sesukanya, aku batasi satu sampai dua kali dibawah jam 12 siang. Pagi hari nya aku sibukkan dengan mengajakknya ke Pasar,memilih sayuran, memilih ikan, mengejar burung di lapangan, sampai bermain dengan mmauuu (kucing).
Kalau memakai tabulasi,,mungkin sudah gak keitung frekuensi dia nenen dari pagi sampai siang,,,bunda nya tidak boleh beranjat dari kursi,tidak boleh mengerjakan pekerjaan rumah,,Khalisa akan selalu bilang “unnaa a dudukk”..bunda dudukk..karena dia akan datang dan menggerayangi bajuku hihihihi...itu pengalaman paling lucu...setelah bunda duduk dia langsung hinggap di sofa sambil teriakk “ nnennennn,,,,nennennnnn...nennnneennn.....” hihihi bunda takut dehh sama eneng,,,lalu dia cua tertawa dan terus menggodaku..
Selama usia 19 bulan aku adaptasi kan kalau nenen pagi sampe siang cukup 1-2 x, setelah itu usia 20 bulan aku kurangi mimiknya pas mau bobo siang...walau susah sekali untuk menolak,karena saya yang mengasuh sendiri khalisa sejak bayi, tidak dengan bantuan pengasuh atau baby sitter.,,,.Faktor pengalihku hanyalah mainan, cemilan dan dvd kesukaanya..itu pun tidak berlangsung lama,karena dia akan kembali menghampiri bundanya..”nennnen..!!..Nennen..!..aa dudukk”.
Ketika usianya 21 bulan, kebetulan aku harus pergi ke kampus , kebetulan jadwal kuiah ku memang pada dari pagi sampai sore,,hal ini bisa menjadi pembiasaan untuk nya untuk tidak nenen dari pagi sampai sore..Bila malam, Khalisa masih mimik ASI.
Selama adaptasi pengurangan frekuensi dari usia 19 bulan mungkin menjelang 22 bulan sudah bisa untuk di stop dengan awal-awal adalah masa uji coba. Faktor lain adalah karena sudah memasuki bulan puasa. Menjelang bulan puasa bunda dah kasih pengertian,,nengg,,,sebentar lagi bulan puasa, bunda mau puasa,,karena dah 2 tahun bunda gak puasa Ramadhan,,,jadi eneng juga nti ikut puasa yahh...puasa nenennn aja ,,yang lain boleh..boleh makan, boleh minum cucu (UHT) asal jangan nenen yach,,?..dia jawabb..”mmmammmauuuuuu....” gak mau artinya. Hiihihihi...wahh dah ada penolakan niy..
Khalisa paling takut kalo dibilang hiyyy ada caciingg,,,jijikk,,hakkut...(takut). Kalau dia pipis dan gak mau buka celana bunda selalu bilang “ ayo buka,,,nti gatel,,ada cacing..”..langsung dia mau buka celana. Kalau habis mandi lari-larian gak mau pake popok kalau bobo malam,,bunda bilang..”ayo pake popok,,,hiiyyyy nanti ada caccing masuk..” hihihi..boong dikit,,gapapalahh,,,dari pada maksa ;-p.
Trus coba si cacing-cacing ini ngefekk gak yah buat bohongin supaya gak nenen,,waktu dia minta mimik,,aku bilang..”neng...jangan nenen yahh,,kan puasa,,,tuhh ada cacing..jangan yahh jijik..”
Pada siang hari hal itu bekerja...tapi untuk malam hari wahhh....jangan tanya...saat dia mengatuk dan kebiasaannua jika terbangun adalah mencari puting susu,,,dan langsung di sodori, kalau puting susu nya gak ketemu dia akan marah dan nangis,,bagaimana kalu tidak dikasih dengan sengaja,,,tentunya dia marah dan menjertit...
Karena kasihan,,akhrnya malam itu bunda kasih ,,wahh gagal...

0 comments:

 

LoveLy KhaLisa Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez